Jumat, 06 Februari 2009

MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)
KEWIRAUSAHAAN
KOTA YOGYAKARTA
Alamat : 1. SMK Negeri 4 Jl. Sidikan 60 Yogyakarta Telp. 372238
2. SMK Negeri 3 Jl. W. Monginsidi 2A Yogyakarta Telp. 513503

I. KEPEMIMPINAN

1. Keberhasilan seorang pemimpin dalam memajukan usahanya dituntut untuk memiliki kemampuan
a. Memotivas dan merangkul karyawan
b. Bergaul dengan masyarakat
c. Mengawasi karyawan
d. Mencari modal
e. Memecahkan masalah
2. Kepemimpinan yang baik dalam perusahaan adalah
a. Pemimpin yang bekerja tidak kenal waktu
b. Pemimpin yang otoriter dalam bekerja
c. Pemimpin yang rajin beribadah
d. Pemimpin yang dekat dengan pengusaha
e. Pemimpin yang melakukan distribusi kekuasaan
3. Kekuasaan pemimpin tidak hanya terletak pada kemampuan fisik dan jiwa saja, melainkan juga
a. Mampu memberi perintah kepada karyawan
b. Mampu menanamkan pengaruh pada karyawan
c. Mampu memberikan kelonggaran jam istirahat
d. Mampu menjaga kebersihan lingkungan
e. Mampu memberi bantuan kepada masyarakat sekitar
4. Sifat-sifat kepemimpinan yang perlu dimiliki pemimpin seperti pernyataan berikut ini kecuali
a. Rasional dan obyektif
b. Mempunyai status sosial yang tinggi
c. Pragmatis
d. Sifat ingin tahu
e. Kematangan mental
5. Keuletan pemimpin dalam perusahaan harus didukung dengan sifat
a. Mengutamakan keluarag
b. Giat mengadakan rapat
c. Istirahat yang cukup
d. Perjuangan dan percay diri serta pengorbanan
e. Giat mendengarkan berita ekonomi
6. Pemimpin yang selalu ingin maju harus banyak belajar serta
a. Meniru segala sesusatu dari luar negeri
b. Mampu mencari kelemahan orang lain
c. Tidak perduli dengan kondisi pasar
d. Mengurangi pengangguran
e. Mencermati, memperlajari kesuksesan orang lain
7. Pemimpin yang mempunyai daya juang yang tinggi akan selalu
a. MAmpu tepat janji
b. Memliki iman yang kaut
c. Mamapu memenangkan dalam persaingan
d. Berksikap sopan santun
e. Bersikap menguntungkan orang lain
8. Untuk mencapia produktifitas kerja yang maksimal maka pemimpin harus mampu menempatkan karyawan
a. Sesuai denga ikatan perusahan
b. Sesuai denga keamusiaan
c. Sesuai dengan banyaknya pelamar
d. Sesuai dengan intelegensia dan kebutuhab
e. Sesuai dengan usia dan pengalaman kerja
9. Berikut ini merupakan barometer kemampuan pemimipin dalam meraih kesuksesan kecuali
a. Mampu menggaji sesuai UMR
b. Mampu menghargai kritik dan saran
c. Mampu mendistribusikan pekrjaan
d. Mampu memotivasi karyawan
e. Mampu mempertahankan dan menambah pelanggan
10. Seorang pemimpin perusahaan harus mempunyai kemampuan mental yang ditunjukan dalm sikap seperti di bawah ini kecuali
a. Mempunyai siakp kritis terhadap perubahan pasar
b. Mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya
c. Mempunyai perhatian yang penuh dalam melaksanakan tugas
d. Mempunyai kemampuan menciptakan kerjasama
e. Mempunyai kemampuan menghitung laba
11. Tipe kepemimpinan demokratis seperti berikut ini kecuali
a. Mengutamakan kepentingan bersama
b. Memberikan kebebasna kepaad bawahannya
c. Menggerakan bawahannya dengan cara memerintah
d. Menerima saran, kritik, dan pendapat dari bawahannya
e. Mengutamakan kerjasama
12. Tipe pimpinan yang menganggap bawahan sebagai alat untuk mencapai tujuan saja adalah tipe pemimpin yang
a. Militeristik
b. Kharismatik
c. Otokratis
d. Demokratis
e. Lugas
13. Mengambil keputusan, menyusun organisasi, menyusun rencana, mempertimbangkan SDM karyawan merupakan
a. Tugas pemimpin
b. Arti pemimpin
c. Fungsi pemimpin
d. Tanggung jawab pemimpin
e. Tanggung jawab bersama
14. Seorang pemimpin harus dapat bertanggung jawab pada seluruh masyarakata secara umum, hal ini merupakan
a. Tanggung jawab sosial
b. Tanggung jawab pribadi
c. Tanggung jawab jabatan
d. Tanggung jawab instansi
e. Tanggung jawab moral
15. Dampak kepemimpinan yang tidak siap menghadapi persaingan yang sehat adalah sangat
a. Menguntungkan karyawan
b. Menguntungkan pelanggan
c. Menguntungkan mitra bisinis
d. Menguntungkan semua pihak
e. Menguntungkan keluarga
16. Salah satu sisi dari kharisma kepemimpinan wirausaha adalah
a. Keberanian berusaha
b. Komitmen tinggi
c. Pendidikan tinggi
d. Kesabaarn menghadapi konsumen
e. Berjiwa pembaharuan

II. Manajeman konflik

17. Pendekatan penyelesaian konflik menurut Thomas, diantaranya adalah memiliki keseimbangan yang memperhatikan diri sendiri dan orang lain sebagai jalan tengah, disebut
a. Mengadakan musyawarah
b. Mengadakan kompromi
c. Mengadakan perdamaian
d. Mendominasi
e. Menghindar
18. Ada empat strategi dalam menyelesaikan konflik didunia usaha, dengan menggunakan penyelesaian yang menguntungkan kedua belah pihak yang terkait dalam konflik (win-win) disebut
a. Kompromi
b. Konfrontasi
c. Kooperatif
d. Mempersatukan
e. Memecahkan masalah
19. Kemampuan mengendalikan konflik dalam dunia usaha menurut ketrampilan tertentu disebut juga
a. Manajemen konflik
b. Penyelesaian konflik
c. Perpecahan konflik
d. Kondisi konflik
e. Akibat konflik
20. Disebut apakah akibat konflik yang berkepanjangan, menurunkan kinerja, tidak seimbang antara fisik dan psikis dan merugikan
a. Apriori
b. Frustasi
c. Stess
d. Emosional
e. Prestasi
21. Tindakan yang dapat dilakukan oleh wirausahawan untuk mengetahui adanya konflik secara dini adalah
a. Mengadakan musyawarah
b. Mengadakan pelatihan
c. Membuat perencanaan
d. Menciptakan komunikasi timbale balik
e. Melaksanakan pengawasan
22. Yaitu kondisi ketika konflik berkembang menjadi perbedaan pendapat diantara individu atau kelompok adalah tahapan dalam konflik
a. Tahap potensial
b. Tahap terasakan konflik
c. Tahap konflik terbuka
d. Tahap ketegangan
e. Tahap pertentangan
23. Keadaan ini terjadi akibat adanya perasaan marah, tidak percaya, tidak simpati, takut penolakan serta adanya pertentangan antar pribadi
a. Emosional conflicts
b. Oposisi conflicts
c. Substantive conflicts
d. Konflik pribadi
e. Konflik perseorangan
24. Konflik ini sering timbul dikaitkan dengan persaingan yang timbul diantara perusahaan-perusahaan swasta
a. Konflik intergrup
b. Konflik interorganisasi
c. Konflik inter personal
d. Levels of conflict
e. Konflik perusahaan swasta
25. Penyebab terjadinya konflik dapat dikelompokan dalam tiga kategori besar, diantaranya
a. Perselisihan kelompok
b. Ketegangan kelompok
c. Karakteristik individual
d. Tidak adanya kerpercayaan
e. Tidak adanya kerjasama
26. Dibawah ini merupakan perbuatan yang bukan merupakan sumber konflik
a. Adanya perbedaan kebutuhan
b. Adanay perbedaan pendapat
c. Adanya perbedaan kepentingan
d. Adanya komuniksai yang efektif
e. Adanya pebedaan nilai sikap dan kepercayaan
27. Munculnya konflik dalam sebuah organisani, perusahaan, dan masyarakat terutama disebabkan oleh
a. Pemimpin yang kurang bijaksana
b. Pemimpin yang demokratis
c. Pemimpin yang komunikatif
d. Adanya komunikasi yang efektif
e. Adanya kerjasama yang baik
28. Sikap seorang wirausaha dalam menghadapi konflik sebaiknya adalah
a. Antipati pada konflik
b. Simpati pada konflik
c. Mengelak konflik
d. Menghindari konflik
e. Mengelola konflik
29. Lima kecenderungan proses alamiah dalam menyelesaiakan konflik yaitu penghindaran diri, kompotisi, penyesuaian diri, kompromi dan kolaborasi dikemukakan oleh
a. Gibson
b. Nelson
c. Thomas
d. Leonardo
e. George simon
30. Akibat positif atau yang menguntungkan dari konflik, tertulis dibawah ini kecuali
a. Mampu introspeksi diri
b. Meningkatkan kinerja
c. Menimbulkan surprise
d. Berusaha lebih hati-hati
e. Menimbulkan ketegangan
31. Sedangkan akibat negative dari adanya konflik diantaranya
a. Mampu bermusyawarah
b. Ada perbedaan status
c. Subyektif dan emosional
d. Tidak dapat berkomunikasi
e. Tidak adanya perbedaan
32. Untuk menghindari atau mengurangi konflik dalam dunia usaha sebaiknya wirausahawan harus melatih diri dalam hal
a. Mengelola waktu
b. Menambah ketrampilan
c. Mengikuti seminar
d. Mengikuti kursus
e. Menambah pengetahuan

III. Visi dan Misi perusahaan

33. Pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan akan dibawa adalah
a. Jati diri perusahaan
b. Arti perusahaan
c. Visi perusahaan
d. Misi perusahaan
e. Tujuan perusahaan
34. Setiap perusahaan pasti memiliki visi,yang dimaksud dengan visi perusahaan adalah
a. Kemampuan untuk mengaktualisasikan kemampuan
b. Keinginan untuk emncapai tujuan
c. Keinginan untuk mendahulukan tujuan perusahaan
d. Keinginan untuk menciptakan barang
e. Keinginan untuk menjadi pengusaha
35. Dibawah ini yang bukan merupakan persyaratan dan kriteria visi perusahaan adalah
a. Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
b. Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi
c. Memberi arah dan focus strategi perusahaan
d. Memungkinkan pencapaian tujuan perusahaan
e. Terfokus pada permasalahan instansi perusahan agar dapat beroperasi
36. Melaksanakan segala kegiatan yang dilakukan untuk dapat terwujud visi perusahaan adalah merupakan
a. Visi perusahaan
b. Tujuan perusahaan
c. Maksud perusahaan
d. Misi perusahaan
e. Manfaat perusahan
37. Menciptakan tamatan yang siap kerja didunia usaha dan dunia industri yang siap pakai dan professional merupakan
a. Arti sekolah menengah kejuruan
b. Visi sekolah menengah kejuruan
c. Misi sekolah menengah kejuruan
d. Keuntungan sekolah menengah kejuruan
e. Arti penting sekolah menengah kejuruan
38. Membekali siswa dengan ketrampilan memasak, menjahit, berbahasa asing
a. Visi SMK
b. Misi SMK
c. Tujuan SMK
d. Ciri SMK
e. Kewajiban SMK
39. Dalam menetapkan visi dan misi perusahaan hendaknya
a. Dikerjakan oleh pimpinan perusahaan
b. Dikerjakan oleh staff perusahaan
c. Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan
d. Dari pemerintah setempat
e. Para karyawan perusahaan
40. Dapat memberikan pelayanan pada masyarakat dengan sebaik-baiknya merupakan
a. Tujuan perusahaan jasa
b. Tujuan perusahaan industri
c. Tujuan perusahaan perdagangan
d. Tujuan perusahaan kerajinan
e. Tujuan koperasi
41. Berikut ini merupakan tujuan perusahaan kecuali
a. Memperoleh penghargaan dari pemerintah
b. Memperoleh laba
c. Meningkatkan kesejahteraan karyawan
d. Mengembangkan usaha
42. Seorang wirausaha baru yang tidak mampu membuat perencanaan dengan baik berarti merencanakan
a. Keberhasilan
b. Kegagalan
c. Usaha yang baru
d. Usaha yang telah ada
e. Kemenangan dalam bersaing
43. Hal-hal berikut ini merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih usaha
a. Ikut kebanyakan orang
b. Meniru usaha yang sudah sukses
c. Mengikuti jejak orang tuanya
d. Melihat kejayaan masa lalu
e. Melihat kemampuan dan kecapakan yang dimiliki
44. Untuk memulai usaha sebaiknya dilakukan dari yang kecil dahulu, apa tujuannya
a. Menunggu mendapatkan pinjaman
b. Mencari mitra usaha
c. Menghindari saingan
d. Hanya sekedar mencoba
e. Memperoleh resiko kegagalan
45. Apabila ingin membuka usaha toko kelontong, maka yang perku dipertimbangkan adalah
a. Dekat denga bahan baku
b. Dekat dengan tenaga kerja
c. Dekat dengan kawasan industri
d. Dekat dengan konsumen
e. Dekat dengan perkotaan
46. Apabila ingin berhasil dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan hendaknya memilih usaha yang
a. Lain dari yang lain
b. Mendirikan perusahaan dengan modal yang besar
c. Memilih gedung untuk kantor yang megah
d. Memproduksi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat
e. Menjual produk dengan harga yang murah
47. Kesempatan dalam memilih bidang usaha dapat tersedia karena
a. Kecakapan yang kita miliki belum tentu dimiliki orang lain
b. Bayak pengusaha yang berhasil
c. Orang berlomba-lomba mencari pekerjaan
d. Banyak permintaan masyarakat terhadap suatu produk
e. Usaha disekitar tempat tinggal banyak yang berkembang
48. Persyaratan pokok dalam memanfaatkan peluang keberhasilan usaha pada masa depan adalah sebagai berikut, kecuali
a. Kerjasama
b. Keterbukan
c. Optimisme
d. Berpikir kritis
e. Mau mendengar orang lain


IV. Peluang usaha

49. Peluang usaha adalah
a. Keuntungan dalam usaha
b. Resiko dalam usaha
c. Keputusan dalam usaha
d. Kesempatan dalam usaha
e. Bermacam-macam usaha
50. Usaha yang memberi peluang untuk maju dapat diidentifikasi sebagai usaha yang mampu
a. Melakukan produksi
b. Malaksanakan penjualan
c. Meraih keuntungan
d. Memperoleh pinjaman
e. Merugikan pemilik
51. Cara melayani pembeli dengan menghargai yaitu
a. Membedakan pembeli
b. Menunjukan kepada pembeli dengan seenaknya
c. Menggunakan tutur bahasa yang sopan dan manis
d. Menunggu dengan sabar pembeli yang sedang memilih barang
e. Menghadapi pelanggan dengan tidak ramah
52. Suatu ide yang menarik atau usulan bisnis yang memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi investor atau orang yang mengambil resiko disebut
a. Bisnis plan
b. Peluang bisnis
c. Ide
d. Penjual
e. Investasi
53. Yang termasuk dalam bidang usaha pelayanan SDM adalah
a. Mengadakan kursus-kursus, pariwisata, pramuniaga dll
b. Memberikan peran baru kepada sarana transportasi
c. Menjamin mutu dan keseimbangan pasokan
d. Menciptakan nilai tambah pada barang modal
54. Dibawah ini yang merupakan kelemahan (weakness) dalam kegiatan usaha adalah
a. Sumber daya manusia terbatas
b. Pasar siap menerima produk
c. Bahan baku mudah dicari
d. Harga produk terjangkau
e. Modal terpenuhi
55. Mampu menciptakan peluang baru yang berkaitan antara bahan baku dan kebutuhan manusia di lingkungannya adalah karya wirausahawan di bidang
a. Usaha penjualan
b. Usaha catering
c. Usaha produktif
d. Usaha olahan
e. Usaha jasa
56. Dibawah ini merupakan faktor keberhasilan usaha, kecuali
a. Mendengarkan saran orang lain
b. Bersemangat dan mudah bergaul
c. Percaya dan yakin
d. Modal banyak
e. Instropeksi diri
57. Untuk dapat disebut sebagai peluang bisnis yang bagus maka harus memenuhi Kriteria sebagai berikut, kecuali
a. Kompetitif
b. Permintaan yang nyata
c. Pengembalian investasi
d. Pasar belum siap menerima
e. Ketersediaan sumber daya dan ketrampilan
58. Analisis SWOT sering digunakn untuk
a. Bisnis plan
b. Analisis bisnis
c. Membaca peluang bisnis
d. Studi kelayakan bisnis
e. Pengambilan keputusan bisnis
59. Apabila perusahaan memiliki kekuatan bisnis hendaknya perlu
a. Dibiarkan saja
b. Dipupuk dan dibina terus
c. Dibatasi agar tidak berlebihan
d. Digunakan untuk mengatasi masalah
e. Disembunyikan untuk rahasia perusahaan
60. Penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan lambang-lambang sebagai media komunikasi disebut komunikasi
a. Sekunder
b. Linear
c. Sirkulair
d. Tersier
e. Primer
61. Langkah terbaik bagi perusahaan dalam menghadapi krisi global saat ini adalah
a. Mencari pinjaman ke bank
b. Mem PHK karyawan semuanya
c. Menutup perusahaan dan pindah tempat usaha
d. Mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu
e. Mengurangi gaji pegawai
62. Di dalam analisis SWOT peluang usaha merupakan suatu
a. Tantangan
b. Hambatan
c. Kestabilan
d. Rekanan
e. Embrio usaha
63. Dalam berusaha setiap wirausahawan sebenarnya memiliki opportunity yaitu
a. Kekuatan
b. Kelemahan
c. Peluang
d. Hambatan
e. Resiko
64. Dibawah ini bukan merupakan berfikir secara kreatif dan positif seorang wirausahawan untuk mengganti peluang bisnis yaitu
a. Pandai berkomunikasi
b. Mempunyai etos kerja yang tinggi
c. Percaya diri tanpa mendengarkan saran orang lain
d. Menerima gagasan-gagasan baru dalam dunia usaha
e. Percaya diri yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan

V. Proposal usaha

65. Dalam membuat proposal usaha atau bisnis ada beberapa faktor kritis yang perlu dipertahankan dalam menyusunnya yaitu
a. Tujuan yang realistis, fleksibilitas, batasan waktu, komitmen
b. Fleksibilitas, batasan waktu, komitmen, lokasi
c. Tujuan realistis, batasan waktu, anggaran, komitmen
d. Lokasi, anggaran, batasan waktu, komitmen
e. Tujuan yang realistis, anggaran, komitmen, flesibilitas
66. Manfaat dari penyusunan proposal bagi wirausahawan antara lain
a. Mengundang orang-orang tertentu yang potensial untuk bekerjasama
b. Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain
c. Membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata
d. Menjamin adanya focus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan
e. Berguna untuk melakukan merger dengan perusahaan-perusahaan lain
67. Proposal usaha atau bisnis yang dibuat wirausahawan mempunyai sasaran yang luas diantaranya
a. Bankir, investor, pemerintah daerah
b. Pengacara, investor, konsultan, perusahaan
c. Perusahaan, karyawan, investor
d. Agen, pelanggan, konsultan
e. Penjual, pembeli ,agen, konsultan
68. Hal-hal di bawah ini yang bukan petunjuk dalam penyusunan proposal usaha adalah
a. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan
b. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat
c. Menetapkan aspek pemasaran produk
d. Menetapkan jumlah karyawan
e. Menetapkan aspek administrasi
69. Bagian dari proposal dimana pembaca bisa mengetahui secara cepat isi keseluruhan proposal usaha disebut
a. Daftar isi
b. Penjelasan perusahaan
c. apendiks
d. permodalan
e. rangkuman eksekutif
70. Dalam apendiks surat keterangan yang perlu dilampirkan untuk melengkapi proposal usaha antara lain
a. Akta pendirian, STTU
b. Rencana anggaran
c. Modal perusahan
d. Daftar karyawan
e. Arus kas
71. Urutan yang benar dalam menyusun proposal usaha adalah
a. Pendahuluan, deskripsi aspek-aspek usaha, aspek pemasaran
b. Pendahuluan, aspek pemasaran, deskripsi aspek-aspek usaha
c. Pendahuluan, aspek pabrik, aspek managemen
d. Pendahuluan, aspek managemen, aspek pabrik
e. Pendahuluan, aspek financial, aspek pabrik
72. Salah satu bagian dari proposal usaha adalah aspek penelitian, modal dan pengembangan. Hal-hal yang harus dicantumkan pada bagian ini adalah
a. Pengembangan dan rencana desain
b. Kebutuhan produksi
c. Dat biaya pabrik
d. Resiko dan hambatan
e. Tim manajemen
73. Dalam aspek produksi perlu ditinjau tehnik produksinya seorang wirausahawan harus mengetahui obyek menajemen produksi yaitu
a. Daya serap pasar
b. Menghasilkan produk dengan kualitas yang ditentukan
c. Program pemasarannya
d. Kondisi pemasaran serta prospeknya
e. Adanya sarana dan prasarana
74. Faktor penunjang isi proposal usaha antara lain
a. Analisis situasi persaingan, aspek managemen
b. Kebijakan penetapan harga, aspek resiko
c. Penelitian, desain, segmen pengembangan, aspek lokasi
d. Analisis situasi persaingan, kebijakan penetapan harga
e. Kebijakan penetapan harga, aspek keuangan
75. Dokumentasi tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal mengenai usaha atau proyek baru disebut
a. Usaha mikro
b. Kalayakan usaha
c. Dunia usaha
d. Aspek manageman
e. Proposal usaha
76. Di bawah ini yang bukan langkah-langkah yang dilakukan dalam mempersiapkan presentasi proposal usaha adalah
a. Mengetahui keseluruhan kerangka proposal
b. Menggunakan beberapa kata kunci yang terdapat pada kerangka proposal usaha
c. Melakukan pelatihan presentasi proposal usaha
d. Mempelajari atau melakukan latihan proposal usaha
e. Melakukan kerjasama dengan rekan bisnis
77. Suatu kajian mengenai rencana usaha untuk membuat keputusan strategi, terutama yang berkaitan dengan investasi guna menghindari resiko disebut
a. Proposal usaha
b. Modal usaha
c. Dunia usaha
d. Studi kelayakan
e. Usaha mikro
78. Tujuan dari seorang wirausahawan melakukan persiapan presentasi proposal usaha adalah
a. Menghasilkan gambaran yang menyeluruh
b. Mengembangkan kerangka proposal sehingga dapat menarik minat para pendengarnya
c. Wirausahawan menjadi lebih percaya diri
d. Proposal usaha dapat diterima oleh pendengar
e. Pendengar tidak ada yang protes

VI. Pengelolaan usaha

79. Kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat, yang memiliki tingkat akuiditas merupakan definisi dari
a. Aktiva lancar
b. Aktiva tidak lancar
c. Passiva
d. Modal
e. Aktiva tetap
80. Badan usaha yang didirikan oleh lebih dari satu orang dengan nama bersama, serta mereka pemiliknya disebut
a. Persekutuan bersama
b. Persekutuan komanditer
c. Firma
d. Perseroan terbatas
e. Koperasi
81. Berikut ini yang merupakan masalah intern perusahaan dalam melaksanakan proses produksi adalah
a. Deflasi
b. Inflasi
c. Keadaan politik
d. Resesi
e. Tenaga kerja
82. Menentukan urut-urutan proses produksi dari bahan mentah sampai menjadi produk akhir disebut
a. Follow up
b. Scheduling
c. Dispatching
d. Routing
e. Controlling
83. Metode pencatatan persediaan barang dagangan dengan cara barang-barang yang dikeluarkan dicatat berdasarkan harga rata-ratanya disebut metode
a. Periodic
b. Continue
c. LIFO
d. FIFO
e. Avarage cost
84. PT indo Makmur selama satu minngu di bulan januari melakukan transaksi dengan data sebagai berikut
1/1 persediaan 8000kg @ Rp.1500
2/1 pembelian 12000kg @ Rp.1600
3/1 penjualan 15000kg
4/1 pembelian 15.000kg @ Rp.1700
6/1 penjualan 17000kg
Hasil harga pokok persediaanakhir secara FIFO adalah
a. 6.000.000
b. 5.465.000
c. 5.100.000
d. 4.995.000
e. 4.500.000
85. Kemampuan untuk mengahasilkan sesuatu barang atau jasa dalam suatu proses produksi disebut
a. Produksi
b. Produk
c. Produsen
d. Produktivitas
e. Proses produksi
86. Tahap pemberian merk produk, membuat kemasan produk agar menarik, promosi, price policy, sampai pendistribusian disebut tahap perencanaan
a. Prosedur persiapan
b. Komersialisasi
c. Uji coab produk
d. Pemasaran produk
e. Launching produk
87. pelayanan prima dapat dikembangkan berdasarkan prinsip 3A (Attitude, attention, action)termasuk di dalam attitude adalah
a. Berbahasa yang baik, wajar dan serasi
b. Pembeli adalah orang penting dalam dunia usaha
c. Memperlakukan pembeli seperti seorang raja
d. Memotivasi agar transaksi jual beli dapat terjadi
e. Melakukan M.B.O
88. Type pembeli yang selalu menghendaki potongan harga dari barang-barang yang dibelinya disebut
a. The decided customers
b. The talk active customer
c. Tha deliberate customers
d. The get discount customers
e. The undicided customers
89. Dalam dunia bisnis pelayanan prima merupakan salah satu faktor penting terutama dalam proses penjualan produk baik barang ataupun jasa kepada pembeli, yang dimaksud dengan pelayanan prima adalah
a. Selalu memberikan diskon kepada pembeli
b. Pelayanan yang baik kepada calon pembeli atau pelanggan agar merasa puas
c. Menjual barang dengan kualitas prima
d. Melayani pembeli dengan fasilitas istimewa
e. Berhasil melayani pembeli
90. Menciptakan peluang baru yang berkaitan antara bahan baku dan kebutuhan manusia dilingkungannya disebut
a. Bidang usaha olahan
b. Bidang usaha jasa
c. Bidang usaha tata boga
d. Bidang usaha perkreditan
e. Bidang usaha cindera mata
91. Setiap perusahan terutama yang dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup disekitar berdirinya perusahaan, wajib menyusun
a. Kelayakan usaha
b. SIUP
c. SITU
d. AMDAL
e. Perizinan usaha
92. Surat perintah pemindah bukuan dari nasabah suatu bank kepada yang bersangkutan untuk memudahkan sejumlah uang dari rekeningnay ke rekening penerima disebut
a. Bilyet giro
b. Cek
c. Rekening Koran
d. Nota kredit
e. Nota debet
93. Penghasilan tidak kena pajak (PTKP) untuk wajib pajak pribadi status kawin dengan satu anak orang anak dan tanggungan satu ibu kandung dan satu ibu mertua sebesar
a. Rp.2.880.000,00
b. Rp.4.320.000,00
c. Rp.5.760.000,00
d. Rp.7.200.000,00
e. Rp.8.640.000,00
94. Promosi dengan kegiatan pemberian sample, voucher, discount kepada pelanggan atau calon konsumen disebut kegiaatn promosi dengan cara
a. Promotion Mic
b. Publicity
c. Personal selling
d. Advertensi
e. Sales promotion
95. Seorang penjual yang baik adalah penjual yang mampu dan mau mengarahkan, membimbing, dan memberipetunjuk tentang kegunaan, kandungan atau formula produk, efek samping produk yang ditawarkan merupakan tahapan teori AIDAS yaitu
a. Satisfaction
b. Attention
c. Action
d. Interest
e. Desire
96. Produk mie instant, kecap, saus, sambal di distribusikan secara, distribusi
a. Intensif
b. Selektif
c. Ekskutif
d. Langsung
e. Tidak langsung
97. Penetapan harga jual atas dasar biaya dengan cara menambah harga beli dengan presentase tertentu disebut penetapan harga jual
a. Cost plus
b. Mark up
c. Break event point
d. Harga psychologis
e. Harga gasal
98. Laporan yang berisi informasi yang diperlukan guna pertanggung jawaban dan pengambilan keputusan management perusahaan disebut laporan
a. Neraca
b. Neraca saldo
c. Keuangan
d. Rugi laba
e. Cash flow





KUNCI JAWABAN KELAS X1

1. A
2. E
3. B
4. B
5. D
6. E
7. C
8. D
9. A
10. E
11. C
12. C
13. A
14. D
15. D
16. E
17. B
18. B
19. A
20. C
21. D
22. E
23. A
24. B
25. C
26. D
27. A
28. E
29. C
30. E
31. C
32. A
33. C
34. B
35. C
36. D
37. B
38. B39. C40. A 41. A
42. B
43. E
44. E
45. D
46. D
47. D
48. B
49. D
50. C
51. C
52. B
53. A
54. A
55. D
56. D
57. D
58. C59. B60. E 61. D
62. E
63. C
64. C
65. A
66. C
67. A
68. D
69. E
70. A
71. A
72. A
73. B
74. D
75. E
76. E
77. D
78. B79. A80. C 81. E
82. D
83. E
84. C
85. D
86. B
87. A
88. D
89. B
90. A
91. –
92. A
93. E
94. E
95. A
96. A97. B98. -

1 komentar:

Vio PerSOnal Blog mengatakan...

boleh minta ya bwt referensi di sekolah...thx b4